Tips Merawat Lemari Berbahan Partikel

Tips Merawat Lemari Berbahan Partikel

  • Post category:Artikel

Ada bermacam-macam pilihan untuk kebutuhan perabotan rumah anda mulai dari fungsi, jenis dan aneka material yang digunakan. Salah satu bahan yang umumnya sering digunakan untuk furniture adalah dari papan partikel. Papan Partikel merupakan remahan-remahan kayu yang disatukan dengan perekat khusus sehingga menjadikan remahan tersebut suatu produk papan yang cukup berkualitas Papan partikel atau lebih dikenal dengan nama particle board sudah terkenal sebagai bahan yang murah dan dapat dibentuk dengan mudah. Papan partikel cenderung stabil dan tidak mudah berubah bentuknya (menyusut, membelok, dan lain lain). Karena kemudahan dan keterjangkauan harganya ini, Anda dapat menemukan lemari pakaian, lemari dapur, meja, rak, dan bahkan furnitur terbuat dari papan partikel. Untuk anda penggemar lemari berbahan partikel, berikut beberapa tips dalam merawat perabot partikel anda :
Merawat papan partikel

  1. Peraturan pertama menjaga papan partikel Anda adalah jangan meletakkan perabot yang terbuat dari papan partikel di tempat lembab. Sayang sekali, meskipun praktis, papan ini tidak didesain untuk ditempatkan di kamar mandi.
  2. Selain itu, jika Anda menggunakan papan partikel sebagai meja makan atau meja belajar, pastikan Anda menggunakan taplak plastik atau tatakan. Minuman dingin yang berembun akan membasahi meja Anda dan merusaknya. Sebelum hal itu terjadi, segeralah menggunakan tatakan gelas atau coaster. Jika air saja mampu merusak papan, pastikan Anda tidak menggunakan tinner untuk papan partikel.
  3. Apabila Anda menjumpai jamur pada furniture partikel board kesayangan Anda, segera bersihkan jamur dengan menggunakan lap kering terlebih dahulu, selanjutnya lakukan pengelapan ulang dengan menggunakan obat pembersih kaca dan diakhiri lagi dengan pengelapan menggunakan lap kering. Lakukan perawatan seperti ini setidaknya dua minggu sekali untuk menghindari pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan pada furniture kesayangan Anda;
  4. Terakhir, selalu ingatlah, bahwa papan partikel memiliki kekuatan tertentu. Jangan memaksakan beban yang ditanggung papan partikel lebih berat dari 10 kg. Apabila furniture berbahan partikel board dipaksa menopang beban lebih dari 10 kg akan berakibat pada kondisi furniture yang melengkung bahkan jebol.

Mengatasi Jamur
Bagaimana bila furniture partikel anda diserang jamur?
Kelembaban membuat papan partikel menjadi lebih rentan terhadap jamur. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati merawat papan partikel di musim penghujan. Jamur mengakibatkan bau yang tidak sedap bagi isi lemari Anda.
Untuk mengatasi hal itu, ambillah lap kering lalu olesi dengan alkohol secukupnya. Usapkan lap ke permukaan jamur secara merata dan diamkan beberapa saat agar benar-benar kering. Setelah itu, jangan lupa untuk meletakkan kapur barus di setiap sudut lemari.

Leave a Reply